Menjelang 2009, Pemerintah berencana menaikkan gaji PNS, anggota TNI dan Polri, termasuk pensiunan sebesar 20% pada tahun anggaran 2008. Angka kenaikan tersebut lebih tinggi dibandingkan kenaikan selama dua tahun sebelumnya,yakni hanya sebesar 15%.
Selain menaikkan gaji, pemerintah juga akan meningkatkan uang makan dan lauk pauk anggota TNI/Polri dari Rp30.000 per hari menjadi Rp35.000 per hari. Demikian pula dengan uang makan bagi PNS dari Rp10.000 menjadi Rp15.000 per hari kerja.Di samping itu, pemerintah tetap akan memberikan gaji ke-13 pada pertengahan tahun.
Di samping menaikkan gaji, pemerintah juga berencana mengangkat pegawai baru yang akan menjadi beban pemerintah pusat, terutama yang merupakan tenaga honorer serta mengangkat tenaga ikatan dinas dan tenaga-tenaga strategis lainnya yang dibutuhkan beberapa kementerian/lembaga.
Presiden juga memerintahkan untuk memberikan dana kehormatan bagi para veteran yang akan memakan anggaran Rp1,2 triliun, Pemerintah akan memenuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengintruksikan agar anggaran pendidikan 20 persen pada APBN 2009 dipenuhi, meski dalam suasana anggaran yang sangat ketat. Dan masih akan diikuti dengan biaya kesehatan gratis dan Lain-lain. Tapi gak tahu gaji buruh bakal naik tidak.Pemimpin tak pasti menguasai tapi penguasa pasti memimpin. Semoga ada yang lebih baik.